RSS

PKL Diberi Seragam

06 Okt

KEBERADAAN pedagang kaki lima (PKL) di Kota Bandung memang menimbulkan banyak masalah. Salah satu masalah yang ditimbulkan adalah terganggunya keindahan kota kita yang tercinta ini.

Contohnya dapat kita lihat di kawasan Sukajadi. Para PKL hampir menutupi seluruh trotoar. Tentu saja di kawasan lain pun kondisinya tidak jauh berbeda, bahkan mungkin lebih parah karena PKL sudah menggunakan badan jalan.

Tenda-tenda PKL yang terbuat dari terpal yang umumnya sudah jelek, membuat jalanan terlihat kumuh dan kotor. Pemandangan yang tidak sedap untuk dilihat ini akan semakin memudarkan imej Kota Bandung sebagai kota yang indah.

Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke kota ini. Meski demikian, yang lebih utama adalah kenyamanan bagi warga Bandung sendiri.

Perlu dibenahi! Itulah kalimat yang tepat untuk menyelesaikan masalah PKL di Kota Bandung. Jika dengan cara penggusuran paksa yang tentu saja akan mematikan salah satu sumber penghasilan masyarakat ini tidak berhasil, apa salahnya bila pemerintah kota mencoba cara lain untuk menyelesaikannya.

Seandainya saja tenda-tenda PKL itu dibuat lebih indah dengan diseragamkan atau diberi corak tertentu, mungkin akan membuat tenda PKL yang berjajar lebih enak dipandang mata. Warna tenda yang seragam dengan corak-corak tertentu yang menggambarkan Bandung akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, baik penduduk lokal maupun wisatawan. Tentunya dengan merapikan tempat berdagang PKL sebelumnya.

Cara ini memang tidak mudah dilakukan. Tapi bila pemerintah kota serius menangani hal ini dan menjadikannya sebagai kewajiban bagi para PKL, ceritanya akan lain. Semoga ini bisa dijadikan pertimbangan bagi pemerintah kota atau pihak berwenang yang lainnya untuk lebih memperindah Kota Bandung.

Enggia Garcia Fransdika
sumber: Galamedia, surat pembaca, 1 November 2009

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2008 in Uncategorized

 

2 responses to “PKL Diberi Seragam

  1. Anonim

    Oktober 6, 2008 at 9:15 am

     
  2. Bibe Crodo

    November 26, 2009 at 3:20 pm

    Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke kota ini. Meski demikian, yang lebih utama adalah kenyamanan bagi warga Bandung sendiri.

    tapi itu semua kan membutukkan banyak dana tauuu,,,,!!!
    apakah si PKL nya mau membayar iuran buat seragam mereka sendiri….?????

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: